Berikut ini cara input transaksi Retur di Rene2 :

A. Retur semuanya

  1. Dari Rene Cashier, kita buat transaksi, pilih item yang mau diretur, lalu klik button UBAH, edit Quantity jadi minus.
  2. Saat klik Bayar, RENE akan tahu kalau itu transaksi Retur karena semua barang Quantity-nya minus. Lalu klik tombol Retur. Di Form Payment nya ada Kembalian sebesar nilai returnya, nilai itu adalah uang yang harus di berikan ke customer.
  3. Transaksi ini saat di bawa(ekport import) ke ACCURATE4 akan di buatkan Sales Return dengan InvoiceNo “None”.

B. Retur sebagian, baik Quantity ataupun jenis barangnya.

  1. Misal input 3 jenis barang dengan qty 5 semua.
  2. Tambahkan baris item baru dengan memilih item yang sama dengan ke tiga jenis item diatasnya. Isikan -2 quantity ketiga item tsb, ini sifatnya berarti parsial. Atau retur item ke-3 saja misal, jadi tambahkan baris berikut nya dengan item ketiga saja dengan mengisi -5 misal, ini artinya juga parsial.
  3. Dalam kasus ini maka saat di export lalu import ke ACCURATE, Accurate akan mengambil selisih qty positifnya saja. jadi yang minusnya tidak dibawa dan langsung mengurangi qty positif barang diatasnya yang sama.
  4. Bagaimana kalau Qty returnya melebihi Qty positif barang yang ada diatasnya ?. jawabannya RENE tidak bisa dibayar, akan ada error saat klik “BAYAR”.