5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen Inventori Bisnis Online | Bagi anda yang menggeluti bisinis di bidang penjualan online, pastinya anda kerap kali bersinggungan dengan persediaan.Apakah persediaan tersebut berskala besar maupun skala kecil, semuanya harus dicermati perihal persediaan ini.

Di masa lalu, melacak persediaan dilakukan dengan cara manual, dengan tumpukan kertas-kertas yang berisi informasi dan statistic dari produk, namun diera ini melacak persediaan dipermudah dengan kehadiran teknologi. Kehadiran teknologi dianggap mampu menciptakan efisiensi pekerjaan dalam mencatat persediaan. Namun begitu, permasalahan di persediaan tetap saja timbul meskipun sudah menggunakan teknologi dan memaksimalkannya untuk mencatat persediaan.

5 kesalahan yang sering terjadi dalam manajemen inventori bisnis online

Jika bisnis anda berjalan lancar, maka produk-produk secara berkala masuk dan keluar dari gudang persediaan anda. Kesalahan kecil atau kelalaian sedikit bisa berakibat fatal dalam memastikan persediaan. Kesalahan seperti salah pengiriman, keterlambatan pengiriman yang berujung kepada gagalnya pengiriman.

Hal-hal seperti ini bisa berdampak pada kelangsungan bisnis dan kepercayaan konsumen. Maka dari itu penting bagi anda untuk menyadari kesalahan-kesalahan yang kerap kali terjadi di manajemen persediaan (inventory management). Dan berikut lima kesalahan yang sering terjadi dalam manajemen persediaan dari bisnis online

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen Inventori Bisnis Online

  1. Over Selling Dan Over Ordering Produk

Salah satu aturan yang paling penting untuk membangun dan mempertahankan reputasi dan profesionalisme dalam industri apapun adalah  harus mampu memenuhi pesanan dari konsumen. Ya, hal ini memang sangat mendasar. Meskipun begitu, banyak perusahaan membuat kesalahan dengan overselling dan over ordering. Sebagai orang yang menjalankan bisnis yang menjual produk, anda harus tahu benar persediaan barang yang ada.

Pikirkan juga arus masuk dan keluar barang sehingga anda bisa mengetahui kapan anda boleh menjual secara besar-besaran dan kapan anda harus re-stock. Sekarang ini banyak software yang bisa membantu anda dalam memantau persediaan barang di gudang, jadi anda bisa mengambil keputusan untuk menjaga persediaan barang anda tetap ada.

  1. Lemahnya Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management)

Ada yang harus lebih diperhatikan dalam bisnis anda selain menjual barang atau produk sampai habis terjual dan memesannya lagi. Sebagai pebisnis anda harus mengetahui produk atau barang yang anda jual terbuat dari apa? Dimana anda bisa menemukan bahan baku dari produk atau barang anda? Apakah supplier anda selalu bisa memenuhi permintaan anda? Semua hal yang menyangkut proses pembuatan produk dari bahan baku sampai bahan jadi harus anda pikirkan. Sebab hal ini bisa berdampak pada persediaan barang anda.

Dalam ilmu bisnis, hal-hal tersebut masuk ke dalam kategori manajemen rantai pasok (Supply Chain Management). Di dalam Supply Chain Management dibahas dari sejak produk masih dalam keadaan mentah (bahan baku) sampai bahan siap jadi yang diterima di tangan konsumen. Manajemen Rantai Pasok yang baik akan semakin menguntungkan bagi bisnis anda. Efek jangka panjangnya adalah bisa menjaga nama baik perusahaan atau bisnis anda di mata konsumen.

  1. Masalah Penentuan Harga

Ketika menjual sebuah barang atau produk, pastinya anda akan mempertimbangka harga. Harga dipengaruhi berbagai macam faktor mulai dari keadaan perekonomian negara, biaya produksi, persaingan, serta elastisitas permintaan.

Harga yang dipatok lebih murah maka akan berdampak pada permintaan yang lebih besar. Hal ini lah yang harus anda cermati ketika memasang harga terlalu murah dan tidak mengantisipasi jika meningkatnya permintaan yang bisa mempengaruhi persediaan.

  1. Kurangnya Pelatihan Sumber Daya Manusia

Memiliki software yang mampu mengotomatisasi dengan baik semua proses termasuk proses persediaan tentunya sangat ideal bagi setiap perusahaan. Namun dibalik itu semua, ada orang yang bertugas untuk mengoperasikan dan menjalankan regulasi di setiap proses termasuk persediaan.

Kurang handal dan cekatannya SDM di dalam divisi persediaan juga bisa mempengaruhi timbulnya kesalahan-kesalahan yang harusnya bisa diantisipasi. Maka dari itu pelatihan SDM dirasa penting untuk meningkatkan kemampuan serta menumbuhkan sikap profesioanalisme dalam bekerja.

  1. Perkiraan Permintaan Yang Tidak Akurate

Salah satu penyebab seringnya kesalahan yang terjadi dalam manajemen inventori bisnis online adalah perkiraan permintaan yang tidak akurat. Baik itu menurut perhitungan secara manual maupun dengan program atau software yang dapat membantu dalam hal forecasting.

 

Kedua cara tersebut bisa saja salah baik itu human error atau bug yang terjadi dalam aplikasi yang tentunya bisa berakibat fatal dalam rencana produksi. Akibatnya, pemilik bisnis tidak memiliki produk yang cukup yang diinginkan oleh pelanggan.

 

Pertama dan yang paling utama yang harus dimiliki oleh sebuah sistem manajemen persediaan (inventori) adalah bebas dari bug dan kesalahan data. Perkiraan permintaan sangat penting digunakan untuk memproduksi jumlah yang tepat dari suatu produk dan jika perhitungan tersebut meleset, pemilik bisnis bisa saja mengalami kesulitan bahkan kerugian.

 

Persediaan bagi bisnis apapun termasuk bisnis online ibarat aliran darah yang amat vital bagi kelangsungan bisnis. Persediaan dituntut untuk tetap berjalan lancar sebagaimana aliran darah di dalam tubuh manusia. Adanya masalah yang timbul dalam menangani persediaan bisa berdampak pada keseimbangan perusahaan dalam menjalankan roda bisnis.

Jelasnya, jika peredaran atau perputaran tersebut macet atau mengalami gangguan sedikitpun maka kemungkinan terburuknya perusahaan akan mengalami gulung tikar. Jadi untuk tetap menjaga bisnis anda tetap tumbuh dan berkembang, mulai sekarang cermatlah dalam memantau proses persediaan secara berkala

screenshot_3

 

marketing accurateUntuk lebih lanjut bisa menghubungi saya :

Doni Irvan
0812-1967-0101 (WA/SMS)
doni@myabcshop.com

DOWNLOAD  Demo Online ACCURATE PENAWARAN CARA PEMBAYARAN  TRAINING

Kami melayani penjualan ACCURATE di seluruh Indonesia. 
ACCURATE Jakarta, ACCURATE Bekasi, ACCURATE Tangerang, ACCURATE Karawang, ACCURATE Pulogadung, ACCURATE Surabaya, ACCURATE Pasuruan, ACCURATE Makassar, ACCURATE Medan, ACCURATE Bandung, ACCURATE Yogyakarta, ACCURATE Denpasar, ACCURATE Manado, ACCURATE Batam, ACCURATE Banjarmasin, ACCURATE Palembang, ACCURATE Semarang, ACCURATE Balikpapan, ACCURATE Pekanbaru, ACCURATE Ambon, ACCURATE Jayapura, ACCURATE Kupang, ACCURATE Padang, ACCURATE Pontianak, ACCURATE Malang,ACCURATE Cikarang, ACCURATE Cibitung, ACCURATE MM2100, ACCURATE Bantargebang, ACCURATE Solo
5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen, 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen, 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen, 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen, 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen, 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen, 5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Manajemen,

Share Artikel ini Agar lebih Banyak Yang Merasakan Manfaat ACCURATE