Modul Job Costing yang ada di ACCURATE, bisa kita digunakan untuk pencatatan produksi sederhana, misal dari bahan baku A, B, dan C lalu ingin dijadikan barang jadi “X” misalnya. Jika dalam proses pembuatan barang jadi “X” ini terdapat biaya yang harus dikeluarkan dan nantinya akan menjadi COGS dari barang jadi “X” tsb, maka di tab Expense nya bisa kita isikan dengan akun biaya yang terjadi dalam pembuatan barang jadi “X” ini.

Jadi simulasi produksi sederhana atas contoh kasus diatas, yaitu untuk membuat barang jadi “X”, penginputan yang kita lakukan adalah seperti berikut :

1. Buat Job Costing, isikan item bahan baku nya misalnya :
– Item A, Qty 1 = Rp 5.000
– Item B, Qty 1 = Rp 10.000
– Item C, Qty 1 = Rp 4.000

2. Lalu ada biaya listrik yang kita keluarkan yang akan masuk kedalam COGS barang jadinya, maka inputkan di tab Expense nya misal :
– Biaya Listrik = Rp 8.000

Dari sini, total Job Costing (Total cost item + Expense) = Rp 27.000
Jurnal yang terbentuk adalah :
(Dr) WIP/Persediaan dalam proses (Akun yang dipilih di Job Cost Account) Rp 27.000
(Cr) Inventory A+ B + C Rp 19.000
(Cr) Expense Rp 8.000

Sampai disini, nilai Expense terjurnal di posisi Credit.

Saat ingin melakukan finishing/Roll Over, masuk ke Job Costing yang sudah dibuat tadi, kemudian klik Finishing. Pada Roll Over Type nya pilih ke “To Item” (karena kita ingin membuat suatu produk baru), lalu pilih item barang jadi nya, yaitu item “X” di detail item pada Job Cost Roll Overnya. Sampai disini jurnal yang terbentuk adalah :
(Dr) Inventory Finished Goods Rp 27.000
(Cr) WIP/Persediaan dalam proses (Akun yang dipilih di Job Cost Account) Rp 27.000

Disini hanya untuk menjurnal balik untuk akun “WIP/Persediaan dalam proses” karena akun tersebut merupakan akun perantara saja Sedangkan Expense tetap disaldo Credit.

Ketika kita membayar nilai Biaya Listrik tersebut, misal dari Other Payment atau Journal Voucher, baru akan menghilangkan akun Expense tersebut di Profit & Loss nya.
Jurnal yang dibuat saat pembayaran Biaya/Expense tsb adalah :

(Dr) Expense Rp 8.000
(Cr) Kas/Bank/ Hutang Rp 8.000