5 Olahraga Sederhana

Bekerja tak hanya membuat otak kita yang lelah, tapi juga kondisi fisik tubuh. Apapun jenis pekerjaan yang Anda lakukan, berisiko membuat tubuh lelah. Apalagi bagi Anda yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk dalam waktu lama, tentu Anda harus melakukan relaksasi otot untuk membuat tubuh tetap fit. Berikut olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu kerja.

Peregangan Leher

Leher yang pegal bisa menjalar ke mana-mana. Untuk itu, Anda perlu untuk segera mengatasinya. Caranya cukup mudah. Miringkan kepala Anda ke samping hingga telinga menyentuh bahu. Pada awalnya mungkin ini akan terasa sakit karena otot mulai ditarik. Tapi tahan saja hingga 10 detik. Lalu lakukan cara yang sama untuk sisi satunya. Cara ini bisa Anda lakukan dengan berdiri atau duduk. Jika masih kurang, kamu bisa meletakkan tangan di belakang pinggang sambil berdiri. Lalu miringkan tubuh ke belakang. Tahan selama beberapa detik.

Peregangan Bahu

Kalau pekerjaan Anda berada di depan layar monitor dan tangan berada di atas meja. Kondisi ini menyebabkan otot kaku dan sakit lama-kelamaan. Lakukan relaksasi otot bahu dengan berdiri dia atas kursi. Tekuk lengan kiri ke belakang punggung dengan telapak tangan menghadap ke atas. Kaitkan telapak tangan ini dengan telapak tangan kanan dari atas. Jadi, seperti membentuk huruf S. Cara ini cukup menyakitkan bagi yang belum terbiasa.

Peregangan Tangan

Tangan adalah anggota tubuh yang paling banyak bekerja. Oleh sebab itu, ia mudah pegal dan Anda perlu membuatnya rileks. Caranya, berdirilah di depan meja. Letakkan telapak tangan Anda di atasnya. Pastikan jari-jari tangan menghadap ke arah Anda. selanjutnya, turunkan tubuh hingga Anda merasakan otot-otot tertarik. Tahan selama beberapa detik lalu ulangi hingga sepuluh kali.

Berjalan-jalan

Ini adalah olahraga paling sederhana yang bisa Anda lakukan di tempat kerja. Terlalu lama duduk membuat seluruh tubuh pegal. Dengan berjalan, Anda tak hanya menggerakkan otot kaki, tapi juga otot tangan, leher, dan kepala. Berjalanlah ke luar ruangan di bawah jalanan yang rindang. Selain membuat tubuh rileks, hal ini juga akan menyejukkan kembali pikiran Anda. olahraga ini dapat Anda lakukan ketika jam istirahat.

Melatih Keseimbangan

Cara ini dapat Anda lakukan dengan mengandalkan kekuatan kursi. Caranya, duduklah bersila di atas kursi. Letakkan tangan pada pegangan tangan di samping kursi. Sambil menekan berat tubuh ke tangan, angkat tubuh Anda pelan-pelan sampai terangkat hingga beberapa sentimeter dari permukaan kursi. Untuk melakukan gerakan ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kursi Anda cukup kuat untuk menumpu berat tubuh Anda.

Anda tak harus menunggu hingga akhir pekan untuk bisa berolahraga. Gerakan-gerakan di atas dapat Anda lakukan di sela-sela jam kerja untuk merilekskan kembali otot-otot Anda yang kaku. Ingat, tubuh yang lelah bisa mempengaruhi performa kinerja yang Anda lakukan. Jika tubuh kembali segar, Anda pun bisa bekerja lebih produktif.

Software Bajakan Akan Membajak Perusahaan Anda Software Original Lebih Aman (Banner)