Saat melihat secara kasat mata, tren bisnis saat ini masih didominasi dengan target market millenial yang dirasa sangat mudah untuk menjadi konsumtif, terlebih dengan pergantian tren yang sangat cepat dan umumnya diikuti oleh kaum millenial.

Pada era yang didominasi oleh dunia digital, mayoritas brand terfokus pada pasar segmen generasi X, Y, Z, dan melupakan generasi senior atau yang biasa disebut dengan Baby Boomers. Nyatanya, generasi senior ini meliki potensi yang sangat besar dan jarang dijamah. Baby Boomers sendiri memiliki kriteria lahir antara tahun 1946 sampai 1964, sehingga usia mereka saat ini antara 52 sampai 74 tahun. Terlebih lagi jika menelaah pasar Asia yang memiliki potensi besar seperti Tiongkok dan lain-lain. Seperti contoh adalah negara Jepang misalnya, kurang lebih 40% dari total populasi adalah mereka yang berusia 50 atau 60 tahun ke atas.

‘Konsumen Senior’ Ladang Uang Besar Yang Terlupakan

Berdasarkan survei yang dipublikasi oleh Nielsen, pada negara seperti Amerika, kekuatan beli generasi boomers mampu mengontrol kurang lebih 70% dari seluruh pengeluaran tahun 2017, dan memiliki penghasilan lebih dari US$230 Miliar pada produk-produk rumah tangga, diikuti oleh keputusan membeli sebesar 70 – 80 % dari wanita.

Tentunya pelaku usaha perlu melihat bisnis dengan pasar baby boomer tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Pasar boomer bukan merupakan segmen yang tidak menarik, justru merupakan kesempatan berbisnis yang besar. Tentunya, jenis bisnis apa yang akan dibangun dengan target pasar baby boomer memerlukan riset mengenai jenis produk atau layanan apa yang akan memenuhi kebutuhan mereka.

Generasi ini umumnya antara berkondisi keuangan mapan, atau justru ketidakpastian pendapatan dikarenakan hasil dari tabungan atau program pensiun, yang mana membuat mereka masih mencari dan membutuhkan berbagai produk serta layanan tertentu.

Pelaku bisnis tentunya perlu dengan jeli melihat peluang bisnis ini, karena generasi boomers sangat memiliki potensi karena daya beli yang dimiliki besar, namun tidak lagi mampu mengikuti perkembangan zaman atau teknologi yang pesat.

Banyak dari generasi boomers tersebut masih memiliki simpanan uang yang cukup besar dari hasil kerja sepanjang hidup mereka, namun akan tetap mengalami kesulitan untuk memiliki pemasuakn yang stabil setelah pensiun. Jadi, sudah ada ide dengan target pasar generasi boomers? Perlu diingat jika lebih baik, bisnis tersebut perlu membantu target ini agar bisa menikmati hari tuanya, sekaligus mendatangkan keuntungan bagi pihak perusahaan. Selamat mencoba! ?