Penyebab Ekonomi Jakarta Maju

Jakarta adalah ibukota Indonesia, yang mana Jakarta termasuk kota paling padat di dunia. Seperti yang kita tahu, Jakarta adalah kota paling metropolitan di Indonesia. Tidak heran Jakarta dijadikan tempat untuk perantauan orang-orang desa.

Mengapa Perekonomian Jakarta Lebih Maju?

Pertanyaan itu mungkin sempat terlintas di benak kita, mengapa ekonomi jakarta begitu maju? Dan kenapa daerah-daerah lain tertinggal?

Pertama adalah karena Jakarta itu ibukota Indonesia, logikanya kalau itu ibukota pasti mendapatkan perlakuan khusus oleh pemerintahan pusat. Karena dapat dikatakan bahwa ibukota itu sebagai icon suatu negara di kancah Internasional.

Pembangunan infrastruktur yang sangat cepat dan maju, seperti fasilitas publik, jalan-jalan yang besar, apartmen, dll. Membuat Jakarta lebih maju, karena bisa dikatakan jantungnya bisnis di Indonesia ya di Jakarta.

Banyak orang menyebutkan bahwa lebih dari separoh perputaran uang di Indonesai terjadi di Jakarta. Mungkin ada benarnya juga, karena Jakarta ini sangat padat, baik penduduknya maupun bangunannya.

Dengan kepadatan inilah roda perputaran uang di Jakarta menjadi sangat cepat. Uang berasa murah sekali, tak heran tiap tahun para buruh menuntut penaikan upah.

Selain itu juga yang menjadi penyebab ekonomi Jakarta maju karena semuanya terpusat di Jakarta. Baik kantor pemerintahan pusat, pusat-pusat perusahaan, semuanya mayoritas terpusat di Jakarta. Tidak heran memang semua kegiatan ekonomi terpusat memutar di Jakarta.

Banyak orang menyebutkan bahwa kalau pengen cepet kaya dan menjalin relasi bisnis memang Jakarta adalah tempat paling cocok. Tetapi, di Jakarta juga terjadi ketimpangan yang luar biasa jauh antara yang miskin dengan yang kaya.

Banyak rumah-rumah kumuh di bantaran kali, padahal disampingnya berdiri megah gedung apartemen. Perkembangan laju ekonomi yang cepat ini juga menimbulkan problematika sendiri. Disamping Jakarta mayoritas didominasi orang-orang urban alias tidak asli Jakarta membuat Jakarta makin sesak oleh hiruk pikuk.

Kemacetan, banjir, sampah, adalah problematika Jakarta. Hal ini diperparah oleh ulah-ulah masyarakatnya yang kurang bersahabat. Meskipun hidup di ibukota, tingkat pendidikan mereka juga tidak lebih tinggi dari daerah-daerah lain.

Mayoritas dari mereka masih suka membuang sampah di sungai, jika orang kaya maka membuang limbah pabrik seenaknya. Hal inilah yang memperparah Jakarta. Tetapi, kita harapkan saja pemimpin Jakarta selanjutnya bisa membawa Jakarta menjadi lebih baik.

Sumber : http://rocketmanajemen.com/penyebab-ekonomi-jakarta-maju/