Jakarta – Proses Pabrikasi di Accurate Online | Bisnis manufaktur tidak seperti jenis bisnis lainnya. Sementara bisnis ritel atau pengecer menjual stok dan perusahaan jasa menjual layanan mereka, produsen yang biasanya termasuk usaha pabrikasi dan manufaktur membuat produk baru dari awal hingga menjadi barang jadi bernilai ekonomis.

Tidak seperti pada jenis bisnis lainnya, akuntansi dan pembukuan pada bisnis manufaktur harus memperhitungkan bahan baku dan biaya pemrosesan dan tentu mereka juga harus menghitung nilai barang jadi yang mereka buat.

Ada berbagai metode untuk melakukan ini. Namun Kamu harus memilih cara yang tepat untuk bisnis Kamu dan menggunakannya dengan benar, salah satunya adalah menggunakan fitur manufaktur terbaik dan terlengkap seperti yang ada pada software akuntansi Accurate Online.

Dalam panduan ini kita akan melihat dan mempelajari tantangan yang ada pada bisnis pabrikasi dan solusi yang kamu dapatkan dengan fitur manufaktur pada Accurate Online.

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Proses Akuntansi Pabrikasi

Penting bagi Kamu untuk menentukan metode pembukuan yang tepat untuk bisnis pabrikasi yang sesuai standar dan visibilitas seluruh data keuangan yang efisien. Pastikan juga Kamu menggunakan metode akuntansi yang paling cocok untuk bisnis Kamu. Hal ini penting, karena nantinya ini akan berhubungan laporan keuangan yang dihasilkan setiap bulannya.

Berikut adalahh di gambaran umum tentang hal apa saja yang harus ada pada proses pembukuan pabrikasi:

Biaya pekerjaan pesanan (job costing

Umumnya digunakan untuk pembuatan batch. Proses ini berguna untuk mencatat jam kerja dan unit bahan baku yang dibutuhkan untuk setiap batch atau antrian produksi.

Menentukan standar biaya produksi

Standar biaya produksi biasanya dikaitkan dengan biaya bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead produksi pada perusahaan manufaktur.

Daripada menetapkan biaya aktual bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead produksi ke suatu produk, banyak produsen menetapkan biaya yang diharapkan atau standar biaya produksi.

Ini berarti bahwa persediaan produsen dan harga pokok penjualan akan dimulai dengan jumlah yang mencerminkan standar biaya produksi, bukan biaya sebenarnya dalam dari suatu produk.

Formula produksi

Membuat formula produksi adalah untuk melakukan penghitungan total biaya produksi melibatkan penghitungan rinci untuk biaya bahan, tenaga kerja, dan overhead.

Dibutuhkan analisis realistis dari berbagai departemen perusahaan untuk menunjukkan kontribusinya pada proses manufaktur dan biaya kontribusinya.

Proses pembuatannya formula ini biasanya melalui tiga tahap: bahan mentah, pekerjaan dalam proses dan produk jadi. Penghitungan biaya produksi total, juga dikenal sebagai harga pokok penjualan, melibatkan penghitungan biaya untuk setiap tahap produksi.

Rencana produksi

Pada tahap perencanaan produksi, bisnis mengkalkulasikan semua bahan baku secara terperinci, sumber daya manusia dan biaya lainnya terkait dengan proses produksi dalam satu batch.

Penetapan biaya berdasarkan aktivitas

Proses ini digunakan saat fine-tuning dan meningkatkan proses produksi. Ini juga dapat dikaitkan dengan kegiatan seperti layanan pelanggan.

Ada juga penetapan biaya berbasis aktivitas berdasarkan waktu yang merupakan variasi proses ini dan berguna untuk memperhitungkan biaya selama periode tertentu.

Add On Manufaktur Accurate Online untuk Mudahkan Proses Produksi

Kini, dengan Accurate Online Kamu bisa melakukan penghitungan dan pemantauan proses dan laporan keuangan pabrikasi Kamu secara lebih mudah.

Fitur manufaktur di Accurate Online dirancang bagi Kamu pemiliki usaha pabrikasi untuk memastikan analisa keuangan yang mendalam dan proses yang menyeluruh untuk peningkatan produktivitas bisnis Kamu.

Dengan menggunakan fitur ini Kamu bisa dengan mudah merumuskan standar biaya produksi, merancang formula produksi, pembuatan rencana produksi, perintah kerja, memantau pengambilan bahan baku, monitoring penyelesaian produksi, alokasi biaya produksi dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan fitur tersebut, Kamu juga bisa mendapatkan laporan dari proses pabrikasi dengan rincian yang faktual dan dapat Kamu akses melalui fitur Daftar laporan lalu pada bagian pabrikasi.

Nantinya Kamu dapat melihat informasi dan laporan terkait proses pabrikasi seperti rincian penyelesaian barang jadi perbulan, rincian pengambilan bahan baku, daftar penyelesaian barang jadi dan masih banyak lagi.

Cocok untuk Perusahaan Pabrikasi Besar yang Memiliki Aktivitas Produksi yang Rumit

Fitur manufaktur di Accurate Online ditujukan untuk memudahkan proses analisa data keuangan perusahaan pabrikasi besar, perusahaan yang memiliki proses produksi yang rumit dan membutuhkan penghitungan terperinci dari biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas produksi.

Fitur ini berbayar dan Kamu dapat menggunakannya setelah memasang fitur ini melalui fitur Marketplace di akun Accurate Online Kamu.

Namun, jika bisnis Kamu masih dalam skala manufaktur sederhana, Kamu bisa menggunakan fitur Job Costing atau Pekerjaan Pesanan secara gratis yang bisa Kamu akses melalui tab Persediaan di Accurate Online.

Kesimpulan

Seperti yang kita bahas di atas, akuntansi untuk manufaktur adalah lebih dari sekedar mencatat angka. Dengan fitur manufaktur yang ada di Accurate Online Kamu akan mendapatkan data terbaik dan Kamu dapat melakukan analisa atas bisnis Kamu dimanapun dan kapanpun.

Jika keahlian Kamu di bidang manufaktur, maka Kamu harus menggunakan software akuntansi untuk proses pembukuan Kamu.

Dengan software akuntansi yang tepat untuk bisnis pabrikasi, Kamu dapat mengoptimalkan proses bisnis secara menyeluruh dan mendapatkan data keuangan yang komprehensif.

Ini juga akan membantu Kamu mengidentifikasi lini produk yang paling menguntungkan dan meningkatkan anggaran Kamu untuk produk tersebut sehingga membantu bisnis Kamu untuk tumbuh.

Tertarik menggunakan fitur manufaktur di Accurate Online? Kamu dapat mencoba Accurate Online secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini: