Software Akuntansi Terbaik | Ketika Kamu membangun sebuah perusahaan, Kamu harus melakukan proses akuntansi pada kelangsungan bisnis. Mungkin, Kamu berusaha menghindari untuk menangani angka-angka pada bisnis atau Kamu tidak tahu cara menggunakan dan mengoperasikan lembar Excel.

Kamu tidak perlu takut dengan Angka. Kamu bisa pandai mengolah angka, membuat, dan memahami laporan keuangan. Dalam membuat laporan keuangan, gunakanlah program akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dalam memulai bisnis, Kamu harus mempertimbangkan penjualan, modal, dan pengeluaran dalam operasi harian. Saat terjadi arus penjualan ke perusahaan Kamu perlu mencatat transaksi, seperti piutang dan hutang dalam buku besar.

Sebagai bisnis rintisan, Kamu akan sibuk merekrut, menemukan kantor yang bagus, mengurus perizinan, mendirikan bisnis, dan mencatat penjualan. Hal terakhir yang ada di pikiran Kamu adalah meneliti tumpukan tanda terima, faktur, tagihan, dan pengeluaran di meja kerja.

Kamu tidak perlu khawatir lagi jika Kamu menggunakan program akuntansi yang dapat menangani semua proses akuntansi ini. Dalam sehari, mungkin ada ratusan transaksi yang terjadi, Kamu memiliki beberapa opsi seperti mengolahnya melalui Excel, tetapi cara tercepat dan paling efisien untuk menangani akuntansi adalah dengan menggunakan program akuntansi.

Manfaat Software Akuntansi

Untuk pebisnis pemula yang memiliki sumber daya manusia dan keuangan terbatas, Kamu mungkin harus merangkap menjadi akuntan dadakan atau melakukan pembukuan. Untuk memudahkan hal tersebut, dianjurkan untuk menggunakan program akuntansi untuk mencatat transaksi.

Dengan proses pembukuan, Kamu dapat memahami arus kas secara real-time. Untuk membuat pembukuan yang efektif dan efisien, Kamu harus terbiasa dengan berbagai software akuntansi yang telah dipilih untuk digunakan dalam bisnis. Dengan demikian, dalam artikel ini, kami akan menguraikan software akuntansi terbaik untuk bisnis rintisan.

4 Manfaat Perangkat Lunak Akuntansi Untuk Pebisnis

Manfaat memiliki Perangkat Lunak Akuntansi

  • Secara otomatis menghitung entri jurnal untuk Neraca dan Laporan Laba Rugi perusahaan.
  • Kamu dapat dengan mudah mentransfer data ke Akuntan dan Auditor.
  • Software akuntansi terdapat fitur dan fungsi yang berguna untuk menganalisis bisnis dan melakukan analisis keuangan. Ini juga dapat memberikan saran mengenai kinerja keuangan bisnis Kamu.
  • Entri jurnal Kamu, draft, faktur, dan laporan keuangan dapat secara otomatis dicetak dalam format yang baik dan profesional. Hal ini bisa digunakan akuntan atau untuk dibaca oleh auditor.

Bagaimana Memilih Software Akuntansi Terbaik?

Ada berbagai software akuntansi yang dapat digunakan untuk kebutuhan akuntansi Kamu. 3 jenis utama software akuntansi adalah seperti dibawah ini.

1. Software Akuntansi Database Terintegrasi

Jenis sistem seperti ini digunakan oleh perusahaan multi-million dollar atau perusahaan dan korporasi besar. Data lebih terjamin karena perusahaan perlu memiliki database yang besar untuk menginstal perangkat lunak jenis ini.

Perangkat ERP Oracle termasuk dalam kategori ini. Seseorang perlu merekrut ahli sistem dan konsultan sistem untuk menginstal dan mendapatkan perangkat lunak jenis ini serta bisa beroperasi di perusahaan Kamu.

Pada dasarnya, perangkat lunak jenis ini dapat menangani manajemen keuangan, tugas yang lebih kompleks, jaringan besar dan fungsi akuntansi yang rumit.

Target: Perusahaan besar, Bank, Perusahaan Multinasional
Keuntungan: Fleksibilitas, Keamanan, Kemampuan untuk menangani tugas akuntansi yang kompleks
Kekurangan: Mahal, Biaya Tinggi untuk Pemeliharaan

2. Software Akuntansi Desktop

Di area di mana koneksi internet lambat dan terbatas, bisnis dapat memanfaatkan perangkat lunak akuntansi dalam bentuk CD atau DVD yang perlu Kamu instal di desktop atau laptop.

Target: Bisnis rintisan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
Keuntungan: Mudah dipasang, sebagian besar akuntan dapat menggunakannya
Kekurangan: Sulit untuk menyesuaikan, sulit digunakan di banyak lokasi, keterbatasan jumlah PC yang dapat menggunakan perangkat lunak karena pembatasan oleh pabrikan, data hanya tersedia di komputer atau laptop Kamu dan tidak tersedia online dan tidak dapat dibagikan secara online untuk yang lainnya.

3. Software Cloud Accounting

Perangkat lunak akuntansi ini tersedia online dan data dapat diakses darimanapun dan kapanpun melalui Internet atau Cloud. Contoh software akuntansi tipe cloud adalah Accurate Online.

Target: UKM, Bisnis rintisan, dan Bisnis menengah
Keuntungan: Lebih murah, data Kamu tersedia secara online dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, Kamu dapat menghubungkannya dengan rekening bank Kamu
Kekurangan: Membutuhkan sosialisasi dalam hal fungsionalitas, membutuhkan sambungan internet.

Saat ini, layanan akuntansi berbasis cloud mendapatkan popularitas lebih untuk startup dan usaha kecil.

Kesimpulan

Pilihlah program akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Kamu. Meneliti, mempelajari dan mencoba software akuntansi dengan fitur terbaik bagi bisnis kamu sekarang dan saat bisnis Kamu berkembang lebih besar.

Software akuntansi penting untuk keberlangsungan dan efektivitas bisnis Kamu dan membuat angka-angka lebih mudah dikelola dan lebih mudah dipahami. Dengan memanfaatkan perangkat lunak akuntansi, Kamu dapat membuat laporan keuangan yang lebih profesional dan komprehensif yang sangat diperlukan dalam bisnis apa pun.

Untuk bisnis rintisan, Accurate Online adalah pilihan yang terbaik. Kamu bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari untuk mempelajari fiturnya secara keseluruhan.

Accurate Online adalah program akuntansi berbasis cloud yang memungkinkan Kamu dengan mudah membuat dan mengelola laporan keuangan dimanapun dan kapanpun. Tentunya Accurate Online juga bisa Kamu gunakan di perangkat apapun, tidak hanya melalui komputer di kantor Kamu.